Banjarmasin, Ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan ini dulunya memang merupakan wilayah delta yang dikelilingi oleh Sungai Barito, Sungai Kuin dan Sungai Martapura, makanya Banjarmasin sering di sebut pulau seribu sungai.

Kalau Kamu ingin merasakan liburan yang berbeda. Banjarmasin adalah tujuan wisata yang tepat. Kali ini soka wisata akan menyebutkan beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi di Banjarmasin.

  1. Pasar Terapung, Lok Baintan

Siapa sih yang tidak kenal dengan pasar terapung Banjarmasin? Pasar tradisional yang berada terapung di atas sungai ini jadi salah satu destinasi wisata andalan Banjarmasin. Di sini kamu akan merasakan suasana pasar namun di atas sungai.

Aneka sayur, buah serta barang kebutuhan pokok lain dijual di atas perahu, dan ternyata masih ada beberapa penjual yang menerima sistem barter lho.

Untuk menyusuri sungai kamu bisa menggunakan kapal tongkang yang bisa kamu sewa juga di soka transport.

2. Menikmati Senja Yang Syahdu Di Jembatan Sungai Barito

Sesuai namanya, jembatan ini melintas dengan gagah di atas Sungai Barito. Jembatan ini sering digunakan untuk kegiatan bridge jumping oleh anak-anak muda Banjarmasin. Dulu di area jembatan dekat bantaran sungai banyak terlihat bekantan, primata khas Kalimantan.

Jadi saat mau rental mobil kamu bisa minta ke agent soka buat nganterin kamu buat bersantai menikmati senja sambil berwisata kuliner di warung-warung makan yang tersedia di sekitar bantaran Sungai Barito.

  1. Bercengkrama Dengan Satwa Ramah, Taman Wisata Pulau Kembang

Pulau Kembang terletak di tengah Sungai Barito. Pulau ini sebenarnya merupakan delta yang terbentuk secara alami dan membentuk pulau yang dihuni oleh kawanan kera. Ya, pulau ini merupakan area konservasi kera ekor panjang dan bekantan.

Selain bisa berkenalan dengan kawanan kera yang bersahabat, kamu juga bisa berfoto ria di hutan mangrove nya yang instagramworthy. Ide bagus kan buat kamu yang hobby posting di Instagram?

  1. Rumah Khusus Jomblo!

Bangunan kayu sederhana di Banjarbaru menyita banyak perhatian warga. Tidak hanya bentuknya yang unik dan berbeda dari rumah lain di sekitarnya, rumah ini juga terletak di sebuah gundukan tanah merah yang membuatnya makin eksotik.

Tidak ada yang pernah masuk ke dalam rumah tersebut karena kondisi tanah yang curam dan tidak stabil. Meski begitu, berfoto dari luar saja sudah sangat menyenangkan bukan? Kalo kamu penasaran bisa googling sendiri, tapi jangan nyesel ya kalo malah jadi tambah pengen ke Banjarmasin.

  1. Danau Unik Berwarna Biru, Danau Biru Cempaka

Pesona danau berair biru tidak hanya bisa kamu jumpai di Pulau Bangka Belitung. Bekas tambang pasir di Banjarbaru kini jadi destinasi wisata baru yang kekinian. Salah satunya adalah Danau Biru Cempaka yang tidak jauh dari jalan raya Trans Kalimantan. Tanahnya yang berwarna merah memberikan warna kontras dengan air galian yang jernih dan berwarna biru.

  1. Tenang Dan Indahnya Danau Caramin Bikin Betah

Danau lain yang tidak kalah cantik di sekitar Banjarmasin adalah Danau Caramin. Danau ini juga merupakan bekas tambang pasir yang cukup luas. Di danau ini kamu bisa berfoto ria di aneka spot instagramworthy yang telah disediakan atau berjalan-jalan keliling danau dengan perahu tradisional yang disebut perahu kelotok.

  1. Bukit Teletubbies Ala New Zealand, Bukit Rimpi Pelaihari

Kalimantan yang subur dengan hutan hujan tropisnya membuat suasana hijau terbentang sepanjang mata. Meski tidak memiliki gunung berapi, namun ternyata Banjarmasin juga punya panorama bukit ala New Zealand yang hijau sepanjang tahun, namanya Bukit Rimpi Pelaihari. Lokasinya sangat mudah dan dapat ditempuh dari Kota Banjarmasin melalui Jalan Trans Kalimantan, dijamin kamu betah berlama-lama di sini!